DAFTAR ISI
I.
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Perumusan Masalah
1.3 Maksud dan Tujuan
II.
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
informatika
2.2
Ruang
lingkup informatika
2.3
Bidang
yang dipelajari dalam informatika
2.4
Ilmu
yang menjadi inti dari informatika
2.5
Tugas
utama ahli Informatika
2.6
Contoh
dari manfaat informatika di dunia nyata
III.
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
IV.
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa
ini globalisasi informasi mengalami perkembangan pesat dan telah merambah ke
berbagai aspek kehidupan manusia. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia
(SDM) yang tidak hanya menguasai aspek-aspek materi dari teknologi informasi,
melainkan juga mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi informasi di
berbagai bidang.
Komputer
adalah sebuah fenomena yang luar biasa dalam sejarah manusia. Komputer juga lah
yang menyebabkan adanya teknik informatika. Pada saat ini, perkembangan sistem
operasi canggih seperti Windows, Mac, OS, dan Linux memungkinkan pengguna
komputer untuk menggunakan program dan memanipulasi data dengan cara yang tidak
pernah terbayangkan sebelumnya, semakin lama komputer akan semakin mengalahkan
manusia, ini bisa dibuktikan dengan kalahnya Garry Kasparov terhadap Deep Blue
(sebuah supercomputer yang dapat memperhitungkan lebih dari 100 juta posisi
catur per detik) dalam suatu pertandingan pada tahun 1997. Akhirnya Deep Blue
dijadikan prototipe dari komputer masa depan yang harus menyelesaikan
masalah-masalah yang kompleks. Komputer belum bisa dianggap melebihi manusia
karena komputer tersebut adalah hasil dari suatu program yang dibuat oleh
manusia untuk menyelesaikan suatu masalah, tetapi bisa saja suatu saat komputer
mempunyai kemampuan untuk belajar dan akhirnya menyelesaikan masalah dengan
sendirinya. Itulah sedikit gambaran dari masa depan kita.
1.2 Perumusan Masalah
1.
Apa
yang dimaksud dengan informatika?
2.
Ruang
lingkup dalam teknik informatika?
3. Bidang apa saja yang akan dipelajari
dalam teknik informatika?
4.
Ilmu
apa yang menjadi inti dari informatika?
5.
Apa
tugas utama ahli Informatika?
6.
Apa
contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?
1.3 Manfaat dan Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai adalah
1.
Menjelaskan
apa yang dimaksud dengan informatika
2.
Menjelaskan
ruang lingkup dalam teknik informatika
3. Menjelaskan bidang apa saja yang
dipelajari dalam teknik informatika
4.
Menjelaskan
ilmu apa yang menjadi inti dari informatika
5.
Menjelaskan
apa tugas utama ahli Informatika
6.
Memberikan
contoh dari manfaat informatika di dunia nyata
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Informatika
Informatika
berasal dari dua kata, yaitu informasi dan matematika. Mengapa infomasi dan
matematika? Karena matematika digunakan untuk mengolah informasi, sehingga
infomasi tersebut berguna untuk manusia.
Informatika
adalah suatu ilmu yang mempelajari komputer dan pemanfaatannya untuk
mempermudah kehidupan manusia.
Dari
Wikipedia, Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang
mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada
mesin berbasis komputasi.
2.2 Ruang
Lingkum Informatika
Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan
perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan
dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial
dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam
beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika
medis, dan informasi yang
mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari
bidang informatika. Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek:
b.
Ilmu
informasi: yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi,
manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk
keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
c.
Ilmu
komputer dan teknik
komputer: yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan
penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang
berbasis komputer.
d.
Sistem
informasi: yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu
sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.
e.
Keamanan informasi: ilmu yang
mempelajari mengenai kajian proses mengamankan dan melindungi data pada yang
ada pada sistem atau komputers.
f.
Informatika sosial: yang mengkaji
aspek sosial dari tik dalam perubahan sosial dan organisasional, penggunaan
teknologi dalam konteks sosial, dan cara kelembagaan sosial teknologi informasi
yang dipengaruhi oleh kekuatan sosial dan praktek-praktek
sosial/kemasyarakatan.
2.3 Bidang
Yang Dipelajari Dalam Informatika
1. Pemprograman Web
Bidang ini menitikberatkan pada
pembuatan web dan perawatannya. Biasanya orang yang menguasai atau ahli dalam
pemprograman web disebut dengan web master. Web master mempunyai tanggung jawab
sekaligus hal yang akan dipelajari dalam pemprograman web, yaitu mendesain
sebuah situs yang nyaman dikunjungi, memudahkan dalam pencarian informasi di
dalamnya, dan memberikan manfaat di dalamnya.
2. Sistem Informasi
Bidang ini menitikberatkan pada
pembuatan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan pengguna sekaligus
meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan kinerja pengguna pada tingkatan
individual dan perusahaan pada tingkat yang lebih tinggi.
Sistem informasi yang berbasis
komputer mempunyai tugas menggantikan perkejaan yang apabila dilakukan secara
manual dapat memakan waktu yang lama dan mempunyai tingkat kesalahan yang
tinggi.
Sistem informasi juga digunakan
untuk menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya masih berbasis pena dan
kertas agar dapat menghemat tempat penyimpanan sekaligus biaya yang akan dikeluarkan
dapat ditekan seminimal mungkin. Orang yang ahli dalam sistem informasi disebut
sistem analisis.
3. Kecerdasan Buatan (Artificial
Intellegent)
Kecerdasaan buatan pada intinya
adalah mengembangkan suatu komputer, sehingga dapat berpikir dan memecahkan masalah
sesuai dengan pikiran manusia. Kecerdasaan buatan lebih mengarah pada riset
pendidikan karena berkutat pada tataran teoritis dan mungkin masih mahal untuk
diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Contohnya, pembuatan sebuah komputer
berukuran mikro yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia.
4. Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Jaringan komputer dan telekomunikasi
itu menekankan pada keamanan jaringan komputer dan juga telekomunikasi antar
jaringan komputer.
Dengan mempelajarinya kamu
diharapkan dapat membangun jaringan antar komputer, sehingga memudahkan
komunikasi antarpengguna sekaligus mengamankan jaringan tersebut agar tidak
bisa dimasuki oleh orang yang tidak berwenang.
2.4 Ilmu
Yang Menjadi Inti Dari Informatika
Inti dari informatika adalah algoritma.
Begitu pentingnya algoritma dalam informatika, maka ahli algoritma bisa
dikatakan sebagai orang yang telah menguasai informatika, dan sebaliknya bagi
orang yang tidak menguasai algoritma berarti belum bisa dikatakan sudah
menguasai informatika. Meskipun algoritma adalah dasar dari informatika, tetapi
untuk mempelajari ilmu selanjutnya, algoritma akan sangat berperan didalamnya.
Algoritma ialah suatu prosedur
langkah-langkah logis untuk memecahkan masalah sistematis dalam suatu jumlah
langkah-langkah yang terhingga. Algoritma sering meliputi pengulangan
langkah-langkah dasar operasi yang sama. Contohnya, orang yang menggunakan
telepon umum. Untuk menggunakan telepon umum tersebut, maka orang harus
mengikuti langkah-langkah seperti ini :
1) angkat telepon
2) masukkan koin
3) tekan nomor yang akan dihubungi
4) bicara
5) letakkan gagang telepon
Itu adalah salah satu contoh
langkah-langkah sederhana yang disebut dengan algoritma. Langkah-langkah
tersebut hanya dasar dan dapat dikembangkan terus karena keadaan yang lain-lain,
contohnya apabila orang yang menggunakan telepon dua koin, maka
langkah-langkahnya pun akan berbeda dengan yang diatas.
2.5 Tugas
Utama Ahli Informatika
Tanggung jawab dari seorang ahli
informatika adalah memecahkan masalah yang terjadi secara efektif dan efisien,
sehingga dapat menghemat sumber daya.
Tugas utamanya adalah membangun
sebuah sistem perangkat lunak maupun perangkat keras yang mampu meningkatkan
kinerja maupun meminimalisir masalah-masalah yang terjadi. Dalam hal ini
disebutkan menimimalisir karena menghilangkan suatu masalah secara total adalah
sesuatu yang mustahil, maka hanya dapat diminimalisir.
2.6 Contoh
Dari Manfaat Informatika Di Dunia Nyata
Setelah menjadi ahli informatika
kita akan dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang menantang dan menarik
untuk dipecahkan. Misalnya, perusahaan yang mempunyai banyak kantor cabang
tentu saja dalam berkomunikasi antar cabang menjadi sangat sulit apabila antar
cabang tersebut tidak saling on-line. Apalagi, apabila perusahaan tersebut masih
paper-based atau segala sesuatunya dikerjakan dengan menggunakan kertas.
Untuk surat-menyurat saja diperlukan
kurir, hal ini tentu saja sangat merepotkan dan memakan waktu dan biaya yang
besar, Dengan bantuan ahli informatika, maka hal ini dapat dipecahkan dengan
membangun jaringan telekomunikasi antar cabang. Misalnya, berkirim surat tidak
harus menggunakan kurir, akan tetapi bisa dengan menggunakan email. Demikian
pula dengan kondisi masing-masing kantor cabang akan dapat dimonitor secara
terus-menerus dan kontinu.
BAB III
PENUTUPAN
3.1 Kesimpulan
Teknik informatika merupakan
disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan
kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah
transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan
seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses
logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai
masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi
terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah
menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.
3.2 Saran
Seiring dengan perkembangan
teknologi komputer yang sangat cepat, maka saya mengharapkan program pendidikan
pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan
keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk
memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak
(software) dalam pengolahan dengan komputer.
IV.
DAFTAR PUSTAKA