Teknik Informatika



DAFTAR ISI

       I.      BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Perumusan Masalah
1.3  Maksud dan Tujuan

    II.      BAB II PEMBAHASAN
2.1  Pengertian informatika
2.2  Ruang lingkup informatika
2.3  Bidang yang dipelajari dalam informatika
2.4  Ilmu yang menjadi inti dari informatika
2.5  Tugas utama ahli Informatika
2.6  Contoh dari manfaat informatika di dunia nyata

 III.      BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan
3.2  Saran

 IV.      DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Dewasa ini globalisasi informasi mengalami perkembangan pesat dan telah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya menguasai aspek-aspek materi dari teknologi informasi, melainkan juga mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi informasi di berbagai bidang.
Komputer adalah sebuah fenomena yang luar biasa dalam sejarah manusia. Komputer juga lah yang menyebabkan adanya teknik informatika. Pada saat ini, perkembangan sistem operasi canggih seperti Windows, Mac, OS, dan Linux memungkinkan pengguna komputer untuk menggunakan program dan memanipulasi data dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, semakin lama komputer akan semakin mengalahkan manusia, ini bisa dibuktikan dengan kalahnya Garry Kasparov terhadap Deep Blue (sebuah supercomputer yang dapat memperhitungkan lebih dari 100 juta posisi catur per detik) dalam suatu pertandingan pada tahun 1997. Akhirnya Deep Blue dijadikan prototipe dari komputer masa depan yang harus menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks. Komputer belum bisa dianggap melebihi manusia karena komputer tersebut adalah hasil dari suatu program yang dibuat oleh manusia untuk menyelesaikan suatu masalah, tetapi bisa saja suatu saat komputer mempunyai kemampuan untuk belajar dan akhirnya menyelesaikan masalah dengan sendirinya. Itulah sedikit gambaran dari masa depan kita.

1.2     Perumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan informatika?
2.      Ruang lingkup dalam teknik informatika?
3.      Bidang apa saja yang akan dipelajari dalam teknik informatika?
4.      Ilmu apa yang menjadi inti dari informatika?
5.      Apa tugas utama ahli Informatika?
6.      Apa contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?

1.3     Manfaat dan Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai adalah
1.      Menjelaskan apa yang dimaksud dengan informatika
2.      Menjelaskan ruang lingkup dalam teknik informatika
3.      Menjelaskan bidang apa saja yang dipelajari dalam teknik informatika
4.      Menjelaskan ilmu apa yang menjadi inti dari informatika
5.      Menjelaskan apa tugas utama ahli Informatika
6.      Memberikan contoh dari manfaat informatika di dunia nyata




BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Informatika
Informatika berasal dari dua kata, yaitu informasi dan matematika. Mengapa infomasi dan matematika? Karena matematika digunakan untuk mengolah informasi, sehingga infomasi tersebut berguna untuk manusia.
Informatika adalah suatu ilmu yang mempelajari komputer dan pemanfaatannya untuk mempermudah kehidupan manusia.
Dari Wikipedia, Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

2.2  Ruang Lingkum Informatika
Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika. Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek:
a.       Teori informasi: yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
b.      Ilmu informasi: yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
c.       Ilmu komputer dan teknik komputer: yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang berbasis komputer.
d.      Sistem informasi: yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.
e.       Keamanan informasi: ilmu yang mempelajari mengenai kajian proses mengamankan dan melindungi data pada yang ada pada sistem atau komputers.
f.       Informatika sosial: yang mengkaji aspek sosial dari tik dalam perubahan sosial dan organisasional, penggunaan teknologi dalam konteks sosial, dan cara kelembagaan sosial teknologi informasi yang dipengaruhi oleh kekuatan sosial dan praktek-praktek sosial/kemasyarakatan.

2.3  Bidang Yang Dipelajari Dalam Informatika
1.      Pemprograman Web
Bidang ini menitikberatkan pada pembuatan web dan perawatannya. Biasanya orang yang menguasai atau ahli dalam pemprograman web disebut dengan web master. Web master mempunyai tanggung jawab sekaligus hal yang akan dipelajari dalam pemprograman web, yaitu mendesain sebuah situs yang nyaman dikunjungi, memudahkan dalam pencarian informasi di dalamnya, dan memberikan manfaat di dalamnya.
2.      Sistem Informasi
Bidang ini menitikberatkan pada pembuatan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan pengguna sekaligus meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan kinerja pengguna pada tingkatan individual dan perusahaan pada tingkat yang lebih tinggi.
Sistem informasi yang berbasis komputer mempunyai tugas menggantikan perkejaan yang apabila dilakukan secara manual dapat memakan waktu yang lama dan mempunyai tingkat kesalahan yang tinggi.
Sistem informasi juga digunakan untuk menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya masih berbasis pena dan kertas agar dapat menghemat tempat penyimpanan sekaligus biaya yang akan dikeluarkan dapat ditekan seminimal mungkin. Orang yang ahli dalam sistem informasi disebut sistem analisis.
3.      Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegent)
Kecerdasaan buatan pada intinya adalah mengembangkan suatu komputer, sehingga dapat berpikir dan memecahkan masalah sesuai dengan pikiran manusia. Kecerdasaan buatan lebih mengarah pada riset pendidikan karena berkutat pada tataran teoritis dan mungkin masih mahal untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Contohnya, pembuatan sebuah komputer berukuran mikro yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia.
4.      Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Jaringan komputer dan telekomunikasi itu menekankan pada keamanan jaringan komputer dan juga telekomunikasi antar jaringan komputer.
Dengan mempelajarinya kamu diharapkan dapat membangun jaringan antar komputer, sehingga memudahkan komunikasi antarpengguna sekaligus mengamankan jaringan tersebut agar tidak bisa dimasuki oleh orang yang tidak berwenang.

2.4  Ilmu Yang Menjadi Inti Dari Informatika
Inti dari informatika adalah algoritma. Begitu pentingnya algoritma dalam informatika, maka ahli algoritma bisa dikatakan sebagai orang yang telah menguasai informatika, dan sebaliknya bagi orang yang tidak menguasai algoritma berarti belum bisa dikatakan sudah menguasai informatika. Meskipun algoritma adalah dasar dari informatika, tetapi untuk mempelajari ilmu selanjutnya, algoritma akan sangat berperan didalamnya.
Algoritma ialah suatu prosedur langkah-langkah logis untuk memecahkan masalah sistematis dalam suatu jumlah langkah-langkah yang terhingga. Algoritma sering meliputi pengulangan langkah-langkah dasar operasi yang sama. Contohnya, orang yang menggunakan telepon umum. Untuk menggunakan telepon umum tersebut, maka orang harus mengikuti langkah-langkah seperti ini :
1)      angkat telepon
2)      masukkan koin
3)      tekan nomor yang akan dihubungi
4)      bicara
5)      letakkan gagang telepon
Itu adalah salah satu contoh langkah-langkah sederhana yang disebut dengan algoritma. Langkah-langkah tersebut hanya dasar dan dapat dikembangkan terus karena keadaan yang lain-lain, contohnya apabila orang yang menggunakan telepon dua koin, maka langkah-langkahnya pun akan berbeda dengan yang diatas.

2.5  Tugas Utama Ahli Informatika
Tanggung jawab dari seorang ahli informatika adalah memecahkan masalah yang terjadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat menghemat sumber daya.
Tugas utamanya adalah membangun sebuah sistem perangkat lunak maupun perangkat keras yang mampu meningkatkan kinerja maupun meminimalisir masalah-masalah yang terjadi. Dalam hal ini disebutkan menimimalisir karena menghilangkan suatu masalah secara total adalah sesuatu yang mustahil, maka hanya dapat diminimalisir.

2.6  Contoh Dari Manfaat Informatika Di Dunia Nyata
Setelah menjadi ahli informatika kita akan dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang menantang dan menarik untuk dipecahkan. Misalnya, perusahaan yang mempunyai banyak kantor cabang tentu saja dalam berkomunikasi antar cabang menjadi sangat sulit apabila antar cabang tersebut tidak saling on-line. Apalagi, apabila perusahaan tersebut masih paper-based atau segala sesuatunya dikerjakan dengan menggunakan kertas.
Untuk surat-menyurat saja diperlukan kurir, hal ini tentu saja sangat merepotkan dan memakan waktu dan biaya yang besar, Dengan bantuan ahli informatika, maka hal ini dapat dipecahkan dengan membangun jaringan telekomunikasi antar cabang. Misalnya, berkirim surat tidak harus menggunakan kurir, akan tetapi bisa dengan menggunakan email. Demikian pula dengan kondisi masing-masing kantor cabang akan dapat dimonitor secara terus-menerus dan kontinu.


BAB III
PENUTUPAN

3.1  Kesimpulan
Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.

3.2  Saran
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka saya mengharapkan program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer.

 IV.            DAFTAR PUSTAKA